Menjadi Olahraga Kesukaan Jungkook BTS, Inilah Manfaat Boxing!

Jungkook BTS merupakan idola yang sangat digandrungi saat ini. Setiap hal yang dilakukannya menjadi daya tarik sendiri bagi para penggemar, termasuk kegiatannya dalam berolahraga. Cowok kelahiran 1997 ini memang memiliki hobi berolahraga dan kerap kali membagikan kegiatannya tersebut melalui sosial media.

Ia menunjukkan keahliannya yang sangat baik dalam berolahraga. Dia memiliki kekuatan dan juga semacam kecerdasan fisik yang mudah terlihat. Di dalam video yang dibagikannya pun kita dapat melihat fokus, kecepatan, dan kemampuan untuk bertindak cepat terhadap isyarat visual.

Di samping itu, ternyata kegiatan yang dilakukan oleh Jungkook BTS ini memang sangat menyehatkan. Ada banyak hal yang bisa tubuh rasakan dengan melakukan boxing! Berikut ini kami akan menunjukkan beberapa manfaat dari boxing yang bisa kamu dapatkan.

Manfaat Boxing

1. Tingkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Salah satu manfaat terbesar dari tinju adalah dapat meningkatkan kebugaran dari kardiovaskular kamu, yang di mana ini akan mengurangi risiko penyakit seperti darat tinggi, diabetes, dan kondisi kronis lain. Bahkan salah satu penelitian menemukan bahwa peringkat petinju berkorelasi dengan kapasitas aerobik, mereka yang berperingkat lebih tinggi akan lebih bugar.

2. Bangun Otot dan Kekuatan Secara Keseluruhan

Latihan kekuatan adalah komponen utama lain dari kelas kebugaran tinju. Banyak kelas melakukan latihan kekuatan interval bergantian dengan meninju tas dan gerakan teknis lainnya. Bahkan ketika latihan tinju tidak termasuk gerakan resistensi khusus, mereka meningkatkan kekuatan seluruh tubuh. Kamu membutuhkan seluruh tubuh untuk melakukan olahraga tinju. Melempar pukulan dnegan benak akan melibatkan seluruh tubuh dan otot. Kamu butuh inti diri untuk bisa menstabilkan diri.

3. Kembangkan Ketahanan

Latihan tinju tidaklah mudah, ini merupakan hal yang intens. Tidak peduli kamu latihan dalam waktu singkat atau lama, karena tetap saja akan memberikan hal yang menantang. Ada banyak orang yang pada dasarnya menikmati olahraga ini karena efek yang ditimbulkan sangat terasa. Jika kamu menghadiri kelas tinju secara teratur, maka bagus untuk tubuh.

4. Mendukung Berat Badan yang Sehat

Rutinitas kebugaran apa pun bisa menjadi cara terbaik untuk membantu menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan yang sehat. Namun, tinju terbukti mengalahkan jenis olahraga lain untuk membakar kalori secara efisien. Pertama, ini adalah latihan HIIT, yang memicu metabolisme untuk terus bekerja di semua silinder dengan baik setelah sesi berakhir. Kemudian, ada komponen kekuatan. Saat membangun otot, kamu akan membakar lebih banyak kalori setiap saat.

Latihan tinju serba cepat dan menantang. Sesi satu jam dapat membakar 600 kalori atau lebih, tergantung pada berat dan tingkat usaha yang kamu lakukan. Menurunkan berat badan membutuhkan lebih dari sekedar kardio. Inilah cara latihan kekuatan membakar kalori dan mendukung penurunan dan pemeliharaan berat badan.

5. Meningkatkan Keseimbangan dan Koordinasi

Komponen ketangkasan dalam tinju sangat bagus untuk keseimbangan, sedangkan pukulan meningkatkan koordinasi tangan-mata. Bahkan tanpa gerakan khusus inti selama bagian latihan kekuatan, tinju membangun otot-otot ini. Gerakan yang diperlukan untuk membangun kekuatan inti kotak, yang pada gilirannya membantu menyeimbangkan dengan lebih baik.

6. Tetap Tertarik dengan Kebugaran

Kepatuhan terhadap kebugaran merupakan tantangan utama di gym dan untuk semua pelatih. Mungkin sulit untuk membuat orang datang kembali untuk berolahraga lebih banyak karena banyak alasan. Semakin menarik dan beragam kebugaran yang dibuat, semakin besar kemungkinan orang akan mematuhinya.

7. Manfaat Latihan Tinju Juga Mental

Semua manfaat fisik ini cukup untuk mendorong kebanyakan orang mencoba tinju, tetapi masih ada lagi. Sifat latihan yang intens, tantangan fisik dan mental, dan melepaskan sesuatu yang keras semuanya berkontribusi pada manfaat kesehatan mental dari latihan tinju:

  • Kurangi stres dan emosi negatif lainnya
  • Temukan pelepasan emosi di lingkungan yang aman
  • Mengangkat suasana hati yang buruk setelah hari yang berat
  • Tidur lebih nyenyak di malam hari setelah latihan yang intens
  • Dapatkan kepercayaan diri dari menghadapi tantangan dan menjadi lebih kuat

Nah, itulah manfaat dari tinju atau boxing yang bisa kamu dapatkan. Tertarik untuk mencoba olahraga favorit Jungkook BTS ini?

Tulisan ini dipublikasikan di Kesehatan Fisik. Tandai permalink.