Pentingnya “Me Time” untuk Kesehatan Mental dan Ciri Anda Memerlukannya

Me Time adalah istilah yang menggambarkan kegiatan seseorang yang menghabiskan waktu cuma dengan diri Anda sendiri. Aktivitas ini sering dikenal sebagai self-care atau alone time (waktu menyendiri), namun ini berbeda dengan situasi kesepian.

Me time atau waktu menyendiri adalah sistem yang sehat untuk memulihkan kekuatan, menghilangkan stres, dan memulihkan slot77 login diri. Sementara kesepian adalah situasi isolasi mental atau jasmaniah yang tidak diharapkan yang dapat berdampak negatif pada kesehatan mental, jasmaniah, dan kecakapan kognitif.

Me time, bagus sendirian secara jasmaniah atau terpisah secara mental dari orang-orang di sekitar Anda, disebut dapat memberikan efek pemulihan pada kesehatan mental.

Manfaat me time untuk kesehatan mental

Memiliki waktu untuk diri sendiri memberi Anda kesempatan untuk melepaskan diri dari tekanan sosial dan memanfaatkan pikiran, perasaan, dan pengalaman sendiri. Dilansir dari laman Verywell Mind, berikut sejumlah manfaat mempunyai waktu menyendiri atau me time untuk kesehatan mental:

Memberi Anda waktu dan kebebasan untuk mengeksplorasi diri Mengizinkan pikiran mengembara, sehingga memperkuat dan meningkatkan kreativitas Memiliki lebih banyak kekuatan sosial Memungkinkan Anda untuk mengerjakan relaksasi pikiran Menolong meningkatkan konsentrasi dan produktivitas Menolong memecahkan masalah lebih efektif, karena dapat menghilangkan stres Meningkatkan kualitas hubungan dengan orang lain.

Anda dapat mencari tahu kapan perlu menghabiskan waktu sendirian dan rencanakan waktu tersebut dan pastikan tidak ada orang lain yang mengganggu. Bisa dengan merencanakan waktu tamasya atau jalan-jalan ke suatu tempat yang mau sekali Anda kunjungi. Selama kegiatan me time Anda, stop sebentar dari media sosial, konsentrasi pada pemikiran dan ketertarikan Anda sendiri dan bukan pada apa yang dijalankan orang lain.

Ciri Anda membutuhkan me time

Mengutip laman Psych Central, pedoman dan gejala stres psikis mungkin memperlihatkan bahwa Anda mungkin memakai waktu untuk diri sendiri, antara lain:

Gampang tersinggung, gelisah, dan berang pada hal-hal yang lazimnya tidak penting. Anda lelah atau letih, nisa karena kurangnya rehat secara mental atau jasmaniah. Banyak hal nampak tidak menyenangkan lagi bagi Anda. Semuanya terasa membosankan atau terlalu berat untuk ditangani. Anda selalu terburu-buru dalam mengerjakan sesuatu dan otak tidak mendapatkan cukup waktu rehat. Tingkat stres yang berlebihan dan tidak pernah turun.

Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.