Penelitian Ungkap Memelihara Anjing Tolong Pikiran Fokus dan Rileks

Anjing menjadi binatang peliharaan yang juga dapat menolong manusia dalam pelbagai hal.

Tidak cuma menjadi teman peliharaan yang baik, sepanjang sejarah, anjing telah menolong manusia dalam berburu, bekerja, menggembala, dan menjaga.

Beberapa penelitian telah melaporkan manfaat fisiologis dan emosionil dari interaksi dengan binatang, terutama anjing.

Termasuk penelitian bertajuk Psychophysiological and emotional effects of human–Dog interactions by activity type: An electroencephalogram study yang diterbitkan di Jurnal PLOS One pada Maret 2024.

Penelitian ini membandingi reaksi psikofisiologis dan emosionil seseorang ketika mengerjakan sejumlah kesibukan dengan seekor anjing untuk memahami imbasnya.

Para peneliti melibatkan 30 orang dewasa untuk mengerjakan delapan kesibukan berbeda dengan seekor anjing, masing-masing selama 3 menit.

Kesibukan tersebut antara lain berjumpa, bermain, memberi makan, memijat, berdandan, memotret, berpelukan, dan berjalan-jalan.

Selama kesibukan tersebut, gelombang otak di lobus prefrontal, frontal, parietal, dan oksipital dinilai, dan evaluasi subyektif kepada emosionil dicatat setelah setiap kesibukan.

Kesudahannya, kesibukan interaksi dengan anjing, seperti bermain, berjalan, memijat, dan merawat anjing, memiliki efek positif dengan memfasilitasi peningkatan kesibukan otak pada partisipan.

Artinya, kesibukan tertentu mengaktifkan relaksasi, stabilitas emosionil, perhatian, konsentrasi, dan kreativitas. Dan bermain dengan anjing memiliki efek positif pada relaksasi dan konsentrasi.

Melalui pengukuran suasana hati yang subjektif, menunjukkan bahwa interaksi dengan anjing dapat mengurangi stres manusia dan menyokong reaksi emosionil yang positif.

Manfaat memelihara anjing

Menghabiskan waktu bersama anjing dikenal dapat memberikan manfaat dan kesejahteraan bagi seseorang.

Penelitian menunjukkan bahwa memiliki seekor anjing baik untuk Anda secara jasmani dan emosionil, sebab dapat membikin Anda lebih bahagia dan sehat.

Diinformasikan dari situs spaceman slot American Kennel Club, berikut yaitu sejumlah manfaat ketika Anda memiliki seekor anjing peliharaan, menurut sains:
– Menjadi teman dan membikin seseorang tidak kesepian
– Membantu mengurangi atau menghilangkan stres
– Baik untuk jantung, sebab mengurangi stres yang yaitu penyebab utama masalah kardiovaskular
– Membantu seseorang pulih secara psikis dari krisis
– Mendukung seseorang untuk bergerak, sebab mesti mengajaknya jalan-jalan secara rutin
– Membikin seseorang menjadi lebih sosial
– Membikin seseorang menjadi lebih bahagia dan membangkitkan motivasi. Memberikan efek positif bagi lansia.

Dengan memelihara anjing, Anda akan menerima manfaat dalam meningkatkan konsentrasi oksitosin, menurunkan kadar kortisol, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Lebih jauh, interaksi dengan binatang yang mengurangi reaktivitas stres, kecemasan, dan tekanan perilaku, dianggap sebagai pengobatan yang efektif untuk gangguan mental dan perilaku.

Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.