Nasi Dingin Lebih Aman Dikonsumsi Pengidap Diabetes, Mitos atau Fakta?

Bandung – Banyak masyarakat Indonesia percaya kalau nasi putih dingin memiliki kandungan gula lebih rendah diperbandingkan nasi panas dan lebih aman dikonsumsi pengidap diabetes.

Dilansir Health, sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Nature mengucapkan mengkonsumsi nasi dingin yang dipanaskan daripada nasi yang baru matang bisa memperlambat kenaikan gula darah pada pasien diabetes.

Penelitian hal yang demikian dilaksanakan terhadap 32 pasien yang mengidap diabetes ragam 1. Setengah dari mereka diminta sbobet mengkonsumsi nasi yang baru matang, meski sisanya mengkonsumsi nasi yang sudah disimpan selama 24 jam di kulkas sebelum dipanaskan kembali dan disajikan.

Peneliti menemukan golongan yang mengkonsumsi nasi yang sebelumnya didinginkan memiliki kadar gula darah yang lebih stabil dan tak mengalami kenaikan yang signifikan dibanding golongan yang mengkonsumsi nasi baru matang.

Hasil penelitian menyimpulkan karbohidrat yang sudah didinginkan, seperti nasi, bisa menolong membatasi kadar gula darah berkat kandungan pati resisten. Pati resisten merupakan pati yang tak bisa dicerna sepenuhnya oleh tubuh. Walhasil, pati resisten bisa menolong menyeimbangkan cara kerja penyerapan karbohidrat lain dan membatasi kadar gula darah, sama halnya seperti serat.

Dikutip dari situs Diabetes UK, glukosa dari makanan pati yang dimasak, seperti nasi putih, kentang, dan pasta, cenderung lebih kencang diserap oleh tubuh. Namun ini mengakibatkan kadar gula darah meningkat dengan kencang.

Walhasil ketika makanan hal yang demikian didinginkan terlebih dulu, makanan hal yang demikian akan memiliki lebih banyak pati resisten. Walhasil, nasi, pasta, atau kentang yang sudah didinginkan menjadi lebih tak gampang dicerna oleh tubuh, sehingga tak menyebabkan kenaikan gula darah yang kencang.

Dari hasil penelitian hal yang demikian, ilmuwan menyimpulkan makanan yang sudah didinginkan kemudian dihangatkan kembali bisa meningkatkan jumlah pati resisten. , mengkonsumsi makanan dingin yang dipanaskan bisa memberikan pengaruh yang lebih besar dalam membatasi kadar gula darah.

Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.