Makanan Khas Jambi Paling Bikin Ngiler

Jambi yaitu sebuah provinsi di Indonesia yang berlokasi di pesisir timur, di komponen tengah pulau Sumatra. Provinsi ini tenar dengan kompleks percandian agama Hindu-Buddha terluas di Asia Tenggara, yaitu Candi Muaro Jambi. Candi ini diperkirakan berasal dari abad ke-7 hingga 12 M dan yaitu peninggalan kerajaan Sriwijaya dan Melayu. Jambi juga memiliki monumen ikonik, yaitu Tugu Keris Siginjai. Kecuali itu, Jambi juga diketahui dengan keberagaman makanan khasnya yang mengupload selera. Makanan Khas Jambi Makanan khas Jambi yaitu salah satu makanan tempat yang kaya rempah. Kuliner ini banyak berbahan dasar ikan yang spaceman slot didorong oleh banyaknya sungai di Provinsi Jambi. Dikutip dari website cookpad, berikut tipe makanan khas Jambi populer yang layak dicoba.

1. Tempoyak

Tempoyak yaitu makanan khas Jambi yang terbuat dari fermentasi duren. Durian sesudah difermentasi akan mengeluarkan wangi-wangian menyengat Tempoyak memiliki cita rasa yang asam dan gurih. Biasanya, tempoyak dikenalkan sebagai lauk dan dimakan bersama nasi. Tempoyak juga bisa diolah menjadi berbagai tipe kuliner, seperti gulai tempoyak, saos pedas tempoyak, dan tempoyak goreng.

2. Gulai Tepek Ikan

Gulai tepek ikan yaitu khas Jambi yang berbahan dasar ikan. Makanan hal yang demikian dimasak dengan bumbu gulai. Ikan yang dipakai lazimnya ikan gabus atau ikan tenggiri. Makanan ini terdiri dari tepek yang berupa ikan yang diolah dengan adonan tepung dan bawang putih mirip seperti pempek. Kemudian, tepek disiram dengan kuah gulai. Makanan khas ini memiliki cita rasa segar karena adanya potongan nanas pada kuah.

3. Daging Masak Hitam

Daging masak hitam yaitu makanan khas Jambi yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan kuah hitam kental. Kuah hitam hal yang demikian terbuat dari campuran rempah-rempah, seperti bawang merah, bawang putih, cabai, kunyit, dan ketumbar. Daging masak hitam memiliki cita rasa yang gurih dan pedas. Kuliner khas Jambi ini terlihat mirip dengan semur.

Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.