Harus Tau Beberapa Cara Mudah Memecahkan Sakit Pinggang

Sakit pinggang lazim terjadi dan dapat dialami siapa saja. Kalau Anda mengalaminya, ada metode gampang memecahkan sakit pinggang yang dapat dilaksanakan, mulai dari pengaplikasian kompres hingga konsumsi obat-obatan.

Sakit pinggang ditandai dengan munculnya rasa sakit di punggung komponen bawah atau samping. Kondisi ini tak jarang dipicu oleh sebagian unsur, seperti pertambahan usia, kehamilan, terlalu lama duduk, berat badan berlebih, jarang olahraga, dan tradisi mengangkat muatan berat.

Selain itu, sakit pinggang juga dapat terjadi dampak problem kesehatan atau penyakit tertentu, seperti stenosis spinal, syaraf kejepit, skoliosis, radang sendi, cedera tulang belakang, dismenore, dan infeksi ginjal atau saluran kemih.

Gejala sakit pinggang bahkan tak jarang disertai pragmatic play keluhan lain, mulai dari pinggang terasa kaku hingga susah digerakkan. Untuk kasus yang ringan, sakit pinggang umumnya dapat ditangani dengan metode simpel di rumah.

Cara Mudah Memecahkan Sakit Pinggang
Supaya sakit pinggang yang dialami tak berlarut-larut hingga mengganggu kesibukan, ada metode simpel yang dapat dilaksanakan untuk meredakannya, adalah:

1. Gunakan kompres dingin atau hangat

Kompres dingin dapat dilaksanakan untuk mengurangi rasa sakit di pinggang dampak peradangan atau cedera ringan. Caranya bahkan cukup gampang, Anda cuma perlu membungkus es dengan kantong atau handuk tipis, lalu tempelkan di komponen pinggang yang nyeri selama 20 menit. Lakukan secara rutin selama 2–3 hari.

Kalau rasa nyeri masih sirna timbul selama lebih dari 3 hari, ganti kompres mengaplikasikan air hangat untuk meredakan ketegangan otot dan meningkatkan aliran darah. Selain itu, Anda juga direkomendasikan untuk mandi mengaplikasikan air hangat.

2. Lakukan olahraga secara teratur
Cara memecahkan sakit pinggang selanjutnya adalah olahraga secara teratur. Olahraga dapat memperkuat otot dan meningkatkan kelenturan tubuh di komponen pinggang, sehingga dapat meredakan gejala sakit pinggang dan mencegahnya kambuh kembali.

Kalau nyeri di pinggang tak lagi terasa berat, Anda dapat mencoba olahraga ringan, seperti jalan santai, renang, atau yoga. Olahraga ini tergolong bagus dan aman dilaksanakan ketika sakit pinggang, sebab tak memberikan muatan terlalu banyak pada persendian.

3. Perhatikan posisi tidur
Untuk memecahkan sakit pinggang, Anda juga dapat mencoba tidur dengan posisi telentang dan meletakkan bantal di bawah lutut. Selain itu, tidur dengan posisi menyamping juga dianggap dapat meringankan gejala sakit pinggang dan meredakan otot yang tegang. Letakkan pula bantal atau guling di komponen belakang tubuh.

4. Jagalah postur tubuh konsisten bagus
Salah satu penyebab lazim sakit pinggang adalah tradisi duduk membungkuk ketika bekerja di depan komputer. Sebaiknya, jaga postur tubuh konsisten bagus dengan metode duduk tegak dan pastikan bahu konsisten rileks. Letakkan pula bantal di belakang tubuh untuk menopang pinggang.

Penerapan alas duduk khusus yang mempunyai cekungan di komponen belakang juga dapat meringankan keluhan nyeri di zona pinggang.

Hindari pula duduk terlalu lama sebab dapat memperparah sakit pinggang. Kalau profesi Anda menuntut untuk duduk dalam rentang waktu lama, Anda sebaiknya rutin melakukan peregangan atau stretching di jeda waktu kerja.

5. Konsumsi obat pereda nyeri
Untuk memecahkan sakit pinggang, Anda juga dapat mengkonsumsi obat pereda nyeri yang dipasarkan secara bebas di toko obat, seperti paracetamol ataupun ibuprofen. Pastikan konsumsi obat ini layak pedoman pengaplikasian di kemasannya.

Pada dasarnya, sakit pinggang sebab otot yang tegang dapat diselesaikan dengan sebagian metode di atas. Tetapi, kalau sakit pinggang tak jarang kambuh padahal sudah melakukan metode di atas atau disebabkan oleh keadaan medis tertentu, umumnya dokter akan melakukan terapi khusus seperti akupunktur, fisioterapi, spinal cord stimulation, bahkan operasi.

Itulah berjenis-jenis metode memecahkan sakit pinggang yang dapat dilaksanakan. Sebenarnya, sakit pinggang dapat dicegah dengan metode berolahraga secara teratur, mengaplikasikan alas kaki yang nyaman, menjaga berat badan tepat, dan mempertahankan posisi tubuh yang ergonomis, bagus ketika mengangkat barang atau duduk.

Kalau sakit pinggang yang Anda natural disertai susah membuang air kecil ataupun besar, demam, bahkan kelumpuhan pada tungkai, segeralah periksakan diri ke dokter guna mempertimbangkan penyebabnya dan mendapatkan penanganan yang layak untuk memecahkan sakit pinggang yang dialami.

Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.